Rabu, 10 Desember 2008

Khubaib bin Addiy (Yang Teguh Sampai Mati)

Dia berasal dari suku Aus. Memeluk Islam ketika Rasulullah SAW memasuki Madinah Munawwaroh. Dia seorang yang bertakwa dan wara serta mempunyai sifat lembut. Namun juga gigih dalam medan perang. Pada Perang badar, dia tampil dan berhasil membabat kepala Harits bin Amir bin naufal.
Khubaib adalah salah seorang dari 10 orang pimpinan "Ashim bin Tsabit yang mendapat tugas mengajari orang-orang tentang Islam. Mereka dikepung oleh satu rombongan yang berjumlah seratus orang. Terjadi perjanjian antara mereka untuk tidak menyalkiti.
Namun "Ashim berseru, "Ketahuilah oleh kalian, demi Allah aku tidak pernah menerima perlindungan dari orang musyrik. Ya Allah beritahukanlah kepada Nabi-Mu tentang kami.
Delapan orang dari mereka akhirnya syahid diantaranya adalah 'Ashim.. Dua orang ditawan oleh orang Quraisy, yaitu Khubaib dan Zaid bin Datsanah. Lalau mereka dibawa ke Mekah dan diserahkan kepada keluarga Harits.
Khubaib sabar dan tegar sekalipun ia ditahan dan tidak diberi makan minum serta diikat dengan rantai. Datanglah salah seorang anak perempuan Harits. Ia heran melihat apa yang terjadi pada Khubabib.
Ia berkata, "Demi Allh, aku telah melihat Khubaib memegang setangkai gandum dan ia memakannya padahal diikat dengan rantai besi. Dan diseluruh negeri Mekkah bukan musim ANggur sehingga tidak mungkin ada anggur walaupun satu biji. Maka aku tidak menyangka selain itu adalah rizki yang di anugerahkan oleh Allah SWT kepada Khubaib.
Orang-oranng Quraisy mencoba membujuknya agar melepas Islan yang telah di anutnya, tetapi ia menolak. Maka ia dibawa u dibunuh. Ia memintakepada mereka untuk melakukan sholat dua rokaat. Setelah diizinkan, ia pun melakukannya dengan penuh khusuk.
Lalu dia berkata, "Seandainya tidak karena disangka takut mati, pasti aku menambah sholatku."
Lantas Khubaib membaca do'a, Ya Alla, kurangilah jumlah mereka dan bunuhlah mereka hingga binasa."
Setelah itu ia mebaca satu nasyid :

Aku tidaklah perduli dibunuh
Selama aku menjadi muslim
Apapun cara kematian yang kuhadapi
Demi mancari ridha Allah

Khubaib adalah orang Islam yang pertama kali disalib lalu dibunuh. Sebelum dibunuh, Abu Sufyan mendekatinya sambil berkata, "Apakah engkau ingin Muhammad menggantikan kamu dan engkau bebas ?"
"Demi Allah aku tidak sudi jika aku dan seluruh kelauargaku selamat dan hidup nikmat sementara Rasulullah SAW tertusuk duri."
Khubaib akhirnya dibunuh, sementara burung-burung terbang diatas jenazahnya dengan tidak mendekati jasadnya yang suci. Lalu Allah Azza wa jalla memberitahukan Nabi_nya tentang kematiannya. Maka beliau mengutus Miqdad bin Amr dan Zubair bin Awwam untuk mengurus jenazahnya dan menguburnya yang kemudian tidak diketahui kuburannya.
Semoga Allah meridhoi Khubaib bin Addiy.

--Profil 70 sahabat Nabi

Tidak ada komentar: